Senin, 21 Mei 2012

City of Seattle

City of Seattle
Seattle (pengucapan bahasa Inggris: [siːˈætəl] see-AT-əl) adalah kota terbesar di wilayah Timur Laut Pasifik Amerika Serikat, terletak di negara bagian Washington antara Puget Sound dan Danau Washington, sekitar 180 km di sebelah selatan perbatasan Amerika Serikat-Kanada.

Seattle didirikan pada tahun 1850-an dan namanya berasal dari nama Seattle, seorang pemimpin suku Amerika Asli. Kota ini mempunyai penduduk yang diperkirakan sebesar 582.174 jiwa dan populasi wilayah metropolitan yang hampir mencapai 3.919.624 juta (2006).
Seattle sering dikenal sebagai "Kota Hujan", meski julukan resminya adalah "Kota Zamrud". Seattle juga dikenal mempunyai reputasi akan konsumsi kopinya yang tinggi. Jaringan kedai kopi Starbucks berasal dari sini. Selain itu, perusahaan besar lainnya, misalnya Microsoft , Nordstorm, dan perusaahan pesawat Boeing juga bermarkas di Seattle Raya.
Dalam dunia musik, yaitu pada awal tahun 1990, Seattle dikenal sebagai pusat musik grunge, atau yang dikenal dengan julukan Seattle Sound.
Pada tahun 1999, Seattle menjadi tuan rumah pertemuan WTO. Saat itu, kota ini sempat ditutup para demonstran anti-globalisasi.
Foto Seattle pada tahun 1860-an.
Ikon kota ini yang paling terkenal adalah menara Space Needle yang didirikan pada tahun 1962.

 "Kepala suku Sealth" (Ts'ial-la-kum), kini lebih dikenal sebagai Kepala suku Seattle (Sealth, "Seathle", Seathl atau See-ahth) (1786 – 7 Juni 1866), adalah pemimpin suku Suquamish dan Duwamish di wilayah yang kini merupakan Washington di Amerika Serikat. Ia merupakan figur penting di antara rakyatnya. Ia mencari jalan akomodasi untuk pengelana putih, membentuk hubungan personal dengan David Swinson "Doc" Maynard. Seattle, Washington dinamai dari namanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar