Senin, 21 Mei 2012

Defenisi Triliun

Bilyun atau biliun (1.000.000.000.000) yang diambil dari bahasa Belanda, Biljoen dan gilirannya dari bahasa Perancis, billion, adalah sebuah bilangan yang menunjukkan 1.000 miliar atau 1012 = 1.000.000.000.000.
Dalam bahasa Inggris Amerika, angka ini disebut trillion. Prefiks yang digunakan untuk menyebutnya dalam Sistem Satuan Internasional adalah Tera (T). Ada ketidakseragaman dalam penggunaan kata biliun dan triliun dalam bahasa Indonesia sehari-hari. Ini disebabkan karena Indonesia pada awalnya menggunakan kata miliar, biliun, dan triliun berdasarkan sistem Belanda (yang sama dengan standar Inggris). Dalam standar tersebut, miliar=109, biliun=1012, dan triliun=1018. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, Indonesia mulai bergeser dari standar Belanda dan terpengaruh standar Amerika Serikat yang menggunakan biliun untuk 109 dan triliun untuk 1012. Pada saat ini, Kamus Besar Bahasa Indonesia (http://kamusbahasaindonesia.org/) mendefinisikan miliar sebagai 109. Biliun dan triliun masing-masing memiliki dua definisi (standar Amerika dan standar Inggris), namun untuk triliun tertulis bahwa definisi yang digunakan di Indonesia adalah triliun=1012. Untuk biliun, tidak ada catatan seperti itu.

Sistem Satuan Internasional (nama aslinya dalam bahasa Perancis: Système International d'Unités atau SI) adalah sistem satuan atau besaran yang paling umum digunakan. Pada awalnya sistem ini merupakan sistem MKS, yaitu panjang (meter), massa (kilogram), dan waktu (detik/sekon). Sistem SI ini secara resmi digunakan di semua negara di dunia kecuali Amerika Serikat (yang menggunakan Sistem Imperial), Liberia, dan Myanmar.[1]
Dalam sistem SI terdapat 7 satuan dasar/pokok SI dan 2 satuan tanpa dimensi. Selain itu, dalam sistem SI terdapat standar awalan-awalan (prefix) yang dapat digunakan untuk penggandaan atau menurunkan satuan-satuan yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar